Mengakses Website yang Diblokir Gratis Tanpa VPN atau Browser Add-on


 


Normalnya untuk mengakses website yang diblokir menggunakan VPN seperti Nord VPN dan Express VPN  namun penggunaan VPN tersebut tidaklah gratis dan diperlukan untuk berlanganan perbulannya. Ada beberapa alternatif lainnya seperti penggunaan VPN gratis sebagai contoh Proton VPN namun dengan syarat terdapat batas bandwith perharinya. Selain itu ada juga penggunaan addon proxy di web browser seperti Browsec namun terdapat rumor dan kecurigaan bahwa add-on seperti ini cukup bebahaya dikarenakan menjual data kita tanpa izin dan juga ada beberapa add-on merupakan malware yang menyamar sebagai add-on.

Disini kita bebicara alternatif lain dari VPN berbayar dan penggunaan Add-on yaitu menggunakan DNS 1.1.1.1 dan Aplikasi WARP.

 

Menggunakan DNS 1.1.1.1

Cara pertama ini adalah dengan mengatur setting DNS pada browser kita seperti Firefox atau Chrome. DNS 1.1.1.1 sendiri merupakan DNS yang dibuat oleh APNIC agar lebih mudah aman dan mudah mengkases internet. Untuk cara keduanya menggunakan Applikasi WARP Cloudflare.
 
Pada dasaranya DNS adalah direktori yang menghubungkan IP address pengguna dengan Website yang mereka akses, tetapi terkadang IP address cukup sulit diingat contohnya 192.168.1.1, disini DNS 1.1.1.1 mepermudah hal tersebut. Namun ternyata APNIC kewalahan karena banyak akses yang masuk dan tidak terkontrol akhirnya Cloudlfare bersedia membantu dan bekerja sama dengan APNIC.

Cara Setting DNS 1.1.1.1 Pada Browser

Hal pertama yang dilakukan adalah membuka menu setting pada tombol berbentuk tiga titik jik pada chrome



Lalu setelah masuk ke menu setting lagnsung klik search setting dan ketikan DNS, maka kan pencarian akan menghasilkan bahwa ada 4 result di dalam menu security, lalu tinggal klik saja
 

Setelah masuk kedalam menu security kita scroll kebawah dan cari bagian Use Secure DNS. Seharusnya jika kita belum pernah mengubah settingnya maka tampilan akan seperti dibawah.

 

 

Lalu kita rubah pengaturannya menjadi seperti gambar dibawah.


Lalu selesai dan sudah siap pakai. Untuk Firefox kurang lebih caranya hampir sama dimana kita membuka setting dan cari bagian security dan ubah DNS ke 1.1.1.1 Cloudflare.

Untuk catatan setelah melakukan setting bisanya tunggu beberapa saat kurang lebih 1-2 menit jika tidak langsung bekerja.

Menggunakan Applikasi Warp VPN dari Cloudflare

Pertama-tama kita buka website Warp Clouflare yaitu https://1.1.1.1/, disitu sudah disediakan versi  untuk berbagai macam plaform dari Mac OS hingga Android. Kita pilih sesuai kebutuhan kita 


Setelah download selesai kita buka menu install seperti di bawah.


Kita install seperti biasa, namun disini cara install khusus windows sedangkan platform lain bisa menyesuaikan.

Setelah selesai diinstall kita akan membuka aplikasi Wrap ini, kurang lebih seperti gambar dibawah

Jika sudah terbuka maka yang hanya kita perlukan klik tombol abu-abu tunggu sebentar, jika sudah berubah menjadi warna orange dan tulisan conected maka sudah siap pakai.



Untuk catatan jika tidak lagnsung bekerja maka tunggulah kurang lebih 1-2 menit, bisa di tes dengan membuka web yang diblokir seperti Reddit.

Semua ini bisa digunakan secara gratis tanpa ada batasan penggunaan bandwith atau semacamnya. Namun tetap kita harus hati-hati dan waspada dikarenakan terlepas Cloudflare menjamin keamanan dan tidak akan menjual data para pengguna kita tidak tau apa yang terjadi di bagian mereka. Untuk sekiranya hal ringan seperti browsing mungkin tidak masalah, namun jika hal-hal bersifat sensitif ada baiknya tetap waspada.

0 Komentar