Tips and Trick Mempercepat Windows 10


Windows 10 termasuk OS yang memiliki proses yang efisien dan sangat cepat setara dengan Windows 7 yang bisa dibilang OS terbaik yang pernah Microsoft keluarkan. Namun terakadang masih terdapat beberapa kendala seperti proses yang terlihat tersendak-sendak atau kata lainnya Lag atau  proses yang seharusnya berjalan singkay menjadi sangat lama.

Beberapa hal ini bisa saja terjadi dikarenakan bug daripada OS windows 10 itu sendiri namun tidak dipungkiri masalah ini bisa jadi berasal daripada pengguna yang terkadang melakukan pekerjaan yang melebihi batasan dari pada windows 10 itu sendiri

Microsoft sendiri sudah menyediakan beberapa tool bawaan untuk optimasi dan mepercepat kinerja Windows 10 namun tool bawaan ini kurang cukup melakukna optimasi. Disini infoarena telah merangkum beberapa cara agar mempercepat Windows 10.

1. Sering Restart Komputer

Beberapa orang sering menyalakan komputer hingga berminggu-minggu tanpa pernah merestart ataupun  melakukan shutdown komputer, terkadang hanya melakukan sleep saja atau mungkin hanya melakukan turn off display

 


Sebenarnya lumrah saja jika kita memang memiliki pekerjaan yang tidak bisa di tunda dan komputer harus selalu Stand-By, namun jika terlalu lama menyala maka akan banyak proses yang selalu berjalan dan proses ini biasanya meyimpan temp file dan semakin lama komputer menyala temp file akan menumpuk dan membuat komputer mengalami lag.

Melakukan restart ataupun Shutdown dapat menghapus beberapa temp file dan mentutup semua proses yang berjalan sehingga komputer berjalan ringan.

2. Sering Lakukan Update Berkala

 


Microsoft sering memberikan update berkala setiap minggunya atau bulannya, update ini biasanya memberikan perbaikan pada error, bug  yang muncul di Windows 10. Error atau bug yang muncul pada Windows 10 kadang menjadi penyebab Windows 10 berjalan lambat dan mengalami lag.

Hal ini bisa dilakukan dengan meunuju setting dan mencari bagian Windows Update dan klik tombol check update atau juga kita bisa melakukan pengaturan untuk melakukan pengecekan secara berkala sesuai waktu yang kita ingikan

3. Check Startup

Saat proses Startup komputer terkadang ada beberapa app yang sudah berjalan duluan sebelum kita melakukan apapun. Beberapa App memang harus melakukan hal itu dikarenakan keterkaitan dengan system App dan sinkronisasi contohnya seperti OneDrive namun terkadang ada beberapa app tidak memerlukan hal seperti ini dan tetap bisa berjalan normal.

 


Kita bisa mendisable beberapa appilkasi untuk tidak berjalan saat startup, dengan cara menuju Task Manager lalu ke menu Setting lalu pilih bagian Startup atau disitu ada pilihan app yang akan disable dan terdapat informasi App mana yang meberikan bebdan terberat berat terhadap proses windows 10


 

4. Mematikan Transparansi

Seperti yang kita lihat ada pada bagian taskbar  terdapat efek transparansi yang memberikan windows 10 kesan yang elegan dan minimalis. Efek ini terkesan sangat simpel namun ternyata efek ini cukup rumit dan memerlukan sistem untuk menghitung dan memproses kemabali saat transparansi terlihat 

 


5. Mematikan Efek Animasi


Selain mematikan efek transparansi kita juga bisa mematikan efek animasi. Efek animasi ini selalu muncul ketika windows mengalami fade in atau fade out. Mematikan efek ini juja cukup membantu mempercepat windows 10.

6. Membuang App yang tidak dipakai

Terkadang kita menginstal sebuah aplikasi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan namun ada kalanya pekerjaan tersebut sudah selesai dan aplikasi sudah tidak dibutuhkan, jika terjadi hal seperti itu ada baiknya kita melakukan Uninstallnya dikarenakan aplikasi ini akan diam dan menghabiskan space penyimpanan dan applikasi ini juga bisa menghabiskan memori untuk proses jika aplikasi tipe yang berjalan di background yang dimana kita tidak membutuhkannya.

 


7. Membersihkan Penyimpanan

 

 

Untuk membersihkan penyimpanan kita bisa menggunakan tool bawaaan Windows 10 yaitu Disk Clean Up. Proses ini sama halnya seperti menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan namun cara ini lebih otomatis dan juga menghapus sesuatu yang tidak terlihat secara langsung sperti temp file, thumbnails dan juga offline webpages.

8. Menambah Ukuran Ram

 

Untuk solusi ini lebih mengarah kepada hardware dan cara terkahir ketika semua solusi diatas tidak bekerja. Pada dasarnya Windows 10 memberikan spesifikasi minimum 4GB RAM untuk menggunakannya, jika komputer memiliki RAM kurang dari 4GB ada baiknya menambah ukuran daripada RAM dan juga jika sudah memasuki spesifikasi minimum namun jika terlalu pas pada ukuran 4GB maka ada baiknya ditambah juga dikarenakan 4GB ini akan habis terpakai untuk system windows 10 saja dan kita tidak bisa melakukan proses yang lainnya.


 

9. Menggunakan SSD

Sama halnya seperti ini menambahkan RAM, jika RAM lebih ke penyimpanan virtual ini lebih ke penyimpanan nyata.

Untuk sebuah komputer berjalan dibutuhkan memori untuk pemyimpanan atau memori ada yang bersifat volatile atau lebih dikenal virtual memory yaitu RAM dan ada juga HDD sebagai non-volatile untuk penyimpanan file. 

 

 
 
HDD merupakan cara penyimpan yang umum digunakan oleh banyak orang selain harga nya yang murah, memiliki kapasitas yang besar namun ada terdapat kekurang HDD yaitu berjalan lambat masalah ini bisa diperbaiki dengan menggunakan SSD yang memiliki kecepatan tinggi dan kapasitas yang cukup besar namun memang memiliki harga yang agak mahal.

2 Komentar

  1. Saya mau tanya bang ko blog abang yang ke index sedikit permasalahannya apa ya ? Apa sitemap nya sudah di submit ke Google Search Console
    Daftar Gnews biar cepat ke index bang.

    BalasHapus