Mematikan Permanen Automatic Update di Windows 10

Pada pengaturan bawaan untuk windows 10 sendiri Windows update sudah di atur otomatis melakukan update jika ada update terbaru dari Microsoft. Pengaturan ini normlanya dapat membuat Windows lebih baik dikarenakan meperbaiki bug, meningkatkan performance, menambal vulnerabilities pada kemananan hingga tambahan fitur-fitur terbaru.

Namun terkadang update seperti ini malah membawa bug-bug baru hingga menurunkan peforma dari windows 10 sendiri. Biasanya jika hal ini terjadi akan muncul blue screen atau blue screen of death(BSoD). Untuk memperbaikinya sendiri hanya perlu dengan melakukan restart secara paksa agar windows 10 berjalan normal kembali namun jika hal itu sering terjadi akan berakibat pada OS Windowsnya sendiri dan harus melakukan install ulang Windows 10.

Disini InfoArena telah merangkum cara agar kita dapat mematikan update otomatis windows 10 secara permanen. Dan bukan hanya itu cara ini juga bisa kita ubah kembali jika kiata berubah pikiran, yang dimana pada dasarnya cara ini berguna agar kita punya kendali penuh akan windows 10 update sendiri.

Note : InfoArena tidak bertangung jawab jika terjadi sesuatu pada windows 10 para pembaca. Resiko ditangung pembaca sendiri.

Mematikan Update Menggunakan menu Setting pada windows 10

cara pertama ini adalah cara yang paling mudah yaitu menggunakan menu setting. Cara ini memanfaatkan fitur untuk malakukan pause pada update hingga waktu yang kita tentukan sendiri.
 
Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan :
 
  1. Buka Settings.
  2. Klik Update & Security
  3. Klik Windows Update 
  4. Klik tombol Advanced options
 

 
5. lalu pilh menu Select date dan disitu kan muncul rentan waktu sampai kapan update di pause


Setelah semua ini dilakukan update windows akan terpause selama waktu yang kita pilih dengan maksimal hingga 35 hari. Namun jika sudah mencapai batas waktu pause maka kita harus melakukan update agar option ini muncul kembali.

 

Mematikan Update Menggunakan Menu Group Policy

Cara ini hanya bekerja jika menggunakan Windows 10 Pro atau Enterprise untuk edisi Home  bisa menggunakan registry di cara setelah ini.

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan :
 
        1. Buka menu Start
        2. Cari menu untuk gpedit.msc dan klik hasil pencarian teratas untuk menjalankan Local Group                Policy Editor. 
 

3. Ikuti alur ini untuk agar untuk masuk ke menu Windows update
Computer Configuration > 4.Administrative Templates > Windows Components > WindowsUpdate
4. Klik dua kali plihan Configure Automatic Update di sisi kanan.
5. Klik check di pilihan Disabled untuk mematikan update otomatis Windows 10.


6. Klik tombol Apply 
7. Klik Ok button 

Jika sudah mengikuti langkah-langkah diatas seharusnya update otomatis sudah dimatikan secara permanen. Namun jika kita berubah pikiran kita merubahnya lagi dengan mengikuti langkah-langkah diatas tetapi pada langkah ke-5 ganti pilhan menjadi Enabled.
 

Mematikan Update Menggunakan Registry

1. Buka Menu Start
2. Cari menu bernama regedit dan klik hasil pencarian teratas untuk menjalan Regisry Editor  
3. Ikuti alur dibawah ini: 
 
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows

4. Right-click di Windows (folder) key, klik New Submenu dan pilih Key Option
 

5. Berikan nama key baru nya WindowsUpdate dan tekan enter.
6. Right-click di key yang sudah dibuat, klik New Submenu dan pilih opsi Key.
 
 
7. Berikan nama key baru nya AU dan tekan enter
8. Right-click AU key, pilih New Sub Menu, dan pilih DWORD (32 bit) Value
 

9. Berikan nama untuk key NoAutoUpdate lalu tekan enter.
10. Klik dua kali key yang baru saja di buat dan ganti value dari 0 ke 1 
 

11. Klik tombol Ok
12. Restart komputer

Jika sudah mengikuti semua langkah diatas seharusnya windows automatic update sudah tidak berjalan lagi secara permanen.. Namun jika berubah pikiran ingin menyalakan windows automatic update kembali, pada langkah ke-4 saat pembuatan key baru hapus saja key yang bernama WindowsUpdate dengan klik kanan pilih opsi delete. Cara ini bekerja jika kamu menggunakan windows 10 edisi home namun untuk edisi enterprise atau pro cara ini masih bisa dipakai.

Nah itu cara untuk mematikan Automatic Windows Update pada Windows 10. jangan lupa sesuaikan dengan windows 10 edisi yang kamu punya.

   

0 Komentar